What Happened Yesterday

Jadi ceritanya kemaren aku perpanjang paspor, in which pengalaman yang aneh dan agak agak membuang masa muda gitu.. secara dateng ke kantor imigrasi jam setengah 8 pagi dan udah bertebaran ibu-ibu bapak-bapak di depannya.. oh well..

Biar postingan ini agak berguna, mungkin aku ceritain step-by-step perpanjang paspor kali yah? Hehe.. siapa tau ada yang bingung kayak aku kemaren, walaupun harusnya ga bingung-bingung amat karena at least udah pernah bikin paspor kan sebelumnya.



Anyway, kalau di Kantor Imigrasi Jogja kemarin sih ada tulisannya, maksimal yang dilayani 150 orang untuk walk-in dan 50 orang untuk yang daftar via online. Sebenernya, kayaknya lebih cepet beres yang online, tapi aku beberapa kali coba masuk websitenya entah kenapa ga bisa mulu hiks..

Jadi mendaftarlah aku buat walk-in, begitu dateng, siapin file yang dibutuhkan dan diperiksa sama mbak-mbak yang di resepsionis(?), kalau sudah ok nanti disuruh ambil map dan nomor antrian (ada petugasnya yang kasih map dan nomor antrian). Aku dapet nomer 121 which is kayaknya masih lamaaaaaa bangeeet... secara yang dipanggil baru sekitar nomer 11-20an T^T #why

Mapnya sih sama persis kayak yang buat bikin paspor baru. Setelah itu ya tinggal isi formulirnya (harus pake bolpen hitam! Soalnya aku isi pake bolpen biru dan disuruh ngulang T^T).

Oh iya, kemaren sebelum perpanjang (sampe sekarang, actually) Akte kelahiranku menghilang entah kemana, dan setelah googling2 mencari tau, bisa ga sih perpanjang/bikin paspor tanpa Akta kelahiran?, katanya bisa diganti pake Ijazah/Akta Nikah. Berhubung belom kawin.. maka satu-satunya harapan adalah Ijazah. Rada deg-degan sih takut ga boleh, dan memang ditanyain sama Mbaknya.. tapi bisa kok pake Ijazah juga, jadi no worries :)

Next step setelah ngisi formulir adalah... nunggu berjam-jam sampe hampir lumutan dan kelaperan T^T. Saran saya sih, kalo kesana bawalah bekal, batre smartphone penuh, dan bawa aktifitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Kayak kemaren ada ibu-ibu yang nunggu bareng aku, beliau bawa rajutan, jadi selama nunggu giliran doi ada kerjaan kan, ga gabut kayak saya.

Btw, sebenernya saya ga gabut-gabut banget, karena dimintain tolong sama temen buat ambilin pasportnya doi (dia udah bikin semingguan yang lalu dan males ngambil karena jauh banget perjalanan dari kosan ke imigrasi plis..)

Jadi, Bisakah kita ngambilin paspor punya temen? Kemaren sih kita sempet gugling juga, dan nemu salah satu blog bilang kalau disuruh bawa surat kuasa, jadilah kami bikin surat kuasa untuk ngambilin paspornya. Ternyata, ga bisa sodara-sodara... yang bisa ngambilin cuma yang terdaftar dalam 1 KK (Kartu Keluarga) yang sama.

Jadi abis itu temen saya ya dateng dari kantor buat ngambil paspornya, heheh...  Lumayan kan jadi ada temen sampe makan siang hehehe.. (abis maksi dia balik lagi ke kantor dan aku melanjutkan penantian panjang yang nampak tak berujung ini...)

Akhirnya setelah jumpalitan dan kelekaran di ruang tunggu, sekitar jam 2an nomor urutku dipanggil.. huhuhu terharu... Beneran deh, sambil nunggu itu aku mikir, apa ga ada sistem yang bisa bikin pembuatan paspor itu lebih cepat dan efektif? I mean, makin cepat sistemnya kan berarti makin banyak juga masyarakat yang bisa dilayani. Nggak terbatas cuma 200 orang aja. Dan kasian juga Bapak-Ibu yang udah sepuh, disuruh tunggu lama-lama, nggak ngapa-ngapain... kasian juga anak muda bangsa macam saya, yang masa mudanya terbuang percuma...

Anyway, setelah dipanggil nomor antrian, kita masuk ke ruangan interview dan photoshoot (? lol). In which kitaaa... guess whaaat? yess.. Ngantri lagiii horeeee.... bener deh udah jadi expert bagian ngantri kalo begini caranya mah :')

Tapi di dalem lebih cepet sih prosesnya. Eh tapi, ada mbak-mbak petugas yang galak banget di dalem... (untungnya aku ga dapet sama si mbaknya.. hii...) selama aku berada di ruangan itu, doi udah marah-marahin 2 orang.

Yang satu mas-mas masih agak muda gitu, dia mau ke Singapur tapi mungkin mbaknya menganggap Masnya mencurigakan, karena dia udah pernah coba bikin paspor beberapa kali beberapa hari sebelumnya. Mungkin masnya mau jadi TKI ilegal, I don't know juga sih, the point is masnya dimarah-marahin sama mbaknya di depan kita semua yang lagi ngantri disitu. Which is jahat banget in my opinion.

I can understand itu memang tugasnya mbaknya buat meyakinkan semua yang bikin paspor itu memang ga bohong dan paspornya ga disalahgunakan, tapi... aku ga suka banget dia humiliate masnya di depan orang-orang. You really don't have to do that loh, mbak... Bisa lho, ngomongnya pelan-pelan, ga usah seruangan tau.. dan kalau memang masnya bermasalah, bisa dibawa ke ruangan khusus untuk diinterogasi lebih lanjut (endingnya kemaren gitu, tapi only after mbaknya marah-marah seruangan denger semua).

Aku ga ngerti kenapa dia harus humiliate masnya, apa untungnya? Atau memang SOPnya gitu? I mean, bagaimanapun juga, si masnya itu klien dia lho... mungkin aja kan, masnya emang ga ngerti caranya bikin paspor gimana? Ya mungkin juga memang si masnya mau jadi TKI ilegal, tapi ya udah diomongin aja sama masnya, ga perlu drama sekantor denger plis deh.

Dan itu baru orang pertama yang dimarahin mbaknya...

Comments

Popular posts from this blog

Dear Sapi, kemaren aku beli sepatu

Dear Sapi, it's been a year

I want to be loved, too...